Minggu, 06 September 2009

cara ndole'i nilai phi

Cara Sederhana Mencari Phi (π) Dengan Simulasi:
Jika ada contoh kasus misalkan kapur dilempar ke sebuah papan tulis dimana terdapat gambar sebuah bujur sangkar dan didalamnya terdapat sebuah lingkaran. Maka akan ada tiga kemungkinan (kejadian) letak kapur tersebut akan jatuh, yaitu:
· Kejadian pertama = Kapur jatuh di dalam lingkaran



· Kejadian kedua = Kapur jatuh di luar lingkaran tetapi berada didalam bujur sangkar



· Kwejadian ketiga = Kapur jatuh di luar lingkaran



Luas lingkaran/ Luas bujur sangkar ≈ nLingkaran/mbujur sangkar
πr2/4r2≈ nLingkaran/mbujur sangkar
π ≈ 4 x nLingkaran/mbujur sangkarBerdasarkan ketiga kejadian tersebut maka diperoleh perhitungan sebagai berikut :



Dengan persamaan diatas, maka dapat dilakukan simulasi dengan menggunakan program computer, misalnya dengan menggunakan program computer pascal ataupun menggunakan program extend.
Urutan atau Algoritma yang dilakukan seperti berikut ini:
· Mulai perintah pemrograman
· Mendefinisikan e= 0
· Mendefinisikan e = e+ 1, simulasi dilakukan sampai h kali percobaan

c ~ u ( 0,1)
d ~ y (0,1)
· Membangkitkan titik letak kapur jatuh sebanyak 1000
· Mendefinisikan phi

πi = 4 x g/h
· Memberi syarat kondisi. Jika i <>
· Mendefinisikan rumus
i-1 π = Σ πi/1000
· Pemrograman selesai
Mengacu algoritma yang telah ditentukan maka diperoleh syntax seperti berikut :
Program cari phi ;
Uses wincrt ;
Var
a,b,c,d : real;
e,f,g,h : integer;
begin
s: = 0;
for f : = 1 to 1000 do
begin
randomize;
h:=1000;
g:=0;
for e :=1 to h do
begin
c:=random;
d:=random;
if (c*c + d*d)<=1 then g :=g+1;
end;
a:=4*g/h;
b:=b+a;
end;
p:=s/1000;
writeln (a) ;
end.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar